Home / Sosial & Budaya / Usai Hadiri Panen Raya, Dedy Wahyudi : Pemkot Bengkulu Berencana  Ajak TNI-Polri Tanam Padi

Usai Hadiri Panen Raya, Dedy Wahyudi : Pemkot Bengkulu Berencana  Ajak TNI-Polri Tanam Padi

CakraBengkuluNews.com – Indonesia bagian dari dunia yang saat ini dihadapkan dengan ancaman berujud Virus Corona, akibat wabah ini pemasukan berkurang, menurunnya pendapatan dan daya beli, menyikapi persoalan ini, Polri dibantu dengan TNI melakukan panen raya serentak di 34 Polda diikuti dengan seluruh Polres tiap Kabupaten di Indonesia, Kamis (9/7/20).

Di Bengkulu sendiri telah disiapkan 20 lokasi panen raya, dan di Kota Bengkulu  Kelurahan Sumber Jaya menjadi pilihan lokasi panen raya buah melon serta penanaman ubi kayu.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono, M.Si, mengatakan, peningkatan ketahanan pangan disesuaikan dengan karakteristik wilayahnya.

“Dampak sosial bisa dieliminir  berbasis perikanan, perkebunan, persawahan, sesuai dengan karakter wilayah,” ujar Teguh.

Panen raya ini, lanjut Teguh bertujuan guna membangkitkan semangat masyarakat dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat.

“Tujuan panen ini kita ingin kembali membangkitkan semangat masyarakat dalam mempersiapkan ketahanan pangan. Dengan beraktifitas kembali seperti berkebun ini, serta juga dapat kembali membangkitkan ekonomi kita walaupun di tengah Covid – 19. Maka dari itu, kita siap berkoordinasi dengan pemerintah Kota maupun Provinsi dalam mewujudkannya,” lanjutnya.

Sebelumnya, TNI – Polri di Bengkulu serta seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu dan Forkopimda Kota Bengkulu mengikuti langsung kegiatan virtual tersebut di kebun melon di Kelurahan Padang Serai, Kecamatan Kampumh Melayu.

Usai mendengar arahan Panglima TNI dan Kapolri, secara simbolis Kapolda Bengkulu, Wakapolda, Kapolres, Danrem, Danlanal, Dandim, Ketua Bhayangkari Bengkulu, Wakil Walikota langsung memanen buah melon, menanam ubi kayu serta memberikan bantuan kepada para petani melon.

Pemkot Bengkulu siap Bersinergi.

Menyikapi langkah TNI-Polri soal ketahan pangan,  Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang hadir dalam acara itu,  mendukung langkah – langkah TNI – Polri dalam menghadapi ketahanan pangan.

“Pemkot Bengkulu sangat mendukung TNI – Polri dalam menghadapi ketahanan pangan, ini sebuah langkah yang baik melalui panen raya, penaman bibit ini. Untuk ke depannya kita akan mengajak TNI – Polri untuk ikut serta menanam padi memanfaatkan  lahan yang ada,” ujar Dedy.

Dedy mengajak  masyarakat lebih kreatif menghadapi masa sulit dengan memanfaatkan perkarangan kosong untuk bercocok tanam.

“Melalui kegiatan ini saya minta masyarakat Kota Bengkulu dapat memanfaatkan perkarangan yang kosong seperti menanam sayuran, buah dan lainnya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan perkarangan yang kosong. Dengan ini nantinya masyarakat dapat memanfaatkan hasil sendiri tanpa membeli di toko ataupun pasar,” tutupnya.

 

Baca Juga

IKUTI JEJAK HELMI-DEDY, JIWA SOSIAL WARGA TERUS MENINGKAT

CakraBengkuluNews.com – Program berbagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mulai menyebar luas. Terlihat para warga berbondong-bondong …