Home / Feature / Sekilas Kiprah Perjuangan Helmi Hasan Membangun Kota Bengkulu

Sekilas Kiprah Perjuangan Helmi Hasan Membangun Kota Bengkulu

Oleh : ERNEL QORAZON

CakraBengkuluNews.com – Helmi Hasan yang kini selaku Walikota Bengkulu periode ke 2, lahir pada tanggal 29 Nopember 1979.   Mengawali karier politik selaku anggota Partai Amanat Nasonal di Kota Bengkulu, pada tahun 2004 sampai dengan 2009 terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bengkulu  pada umur 25 tahun. Selepas  menjadi anggota DPRD Kota Bengkulu  beliau terpilih kembali menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu 2009 sampai dengan tahun 2013 dan kebetulan beliau terpilih sebagai wakil Ketua 3 DPRD Provinsi Bengkulu.

Pada tahun 2012, selaku ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu beliau mencalonkan diri menjadi WalikotaBengkulu dan melalui proses panjang beliau terpilih menjadi Walikota dan dilantik pada tanggaL 21 januari  2013. Dengan berbekal pengalaman ketika  menjadi aktivist di Universitas  Bengkulu dan selaku anggota DPRD dua periode, beliau mulai mencoba memahami permasalahan yang harus dibenahi di Kota Bengkulu.

Selama 3 bulan dalam proses pencalonan beliau datangi sebagian besar tokoh masyarakat ,alim ulama, mantan pejabat untuk konsultasi. Beliau datangi semua kawasan menelusuri saluran – saluran drainase,  semua jalan dan gang gang di Kota Bengkulu. Beliau datangi semua masjid, musallah dan langgar. Pengetahuan tentang permasahan yang harus dibenahi serta kekurangan yang harus ditanggulangi melalui proses self assesment yang mendalam menjadi bekal utama beliau mulai merumuskan program unggulan dalam bentuk 8 tekad Bengkulu  sebagai berikut: 1. Bersih, 2. Indah, 3 Sejuk, 4. Sehat, 5. Aman, 6. Kreatif, 7. Religius, 8. Peduli.

Ke delapan tekad diatas dimulai dengan gerakan revolusi mental dikalangan pejabat dan masyarakat di Kota Bengkulu.

Pelaksanaan 8 Tekad diatas dirumuskan dalam program terpadu, terukur dan massive. Sebagai contoh pelaksanaan tekad Bengkulu bersih dimulai dari diangkatnya  honorer kebersihan baru dalam bentuk tukang sapu jalan. Ditingkat RT, RW  dan kelurahan secara massive diadakan gerakan kebersihan setiap jumat pagi.  APBD menyediakan anggaran  perbaikan saluran air  gerobak sampah baru dan mobil pengangkut sampah. Bengkulu Indah dilaksanakan dengan  gerakan memelihara  dan menata lingkungan kota dimulai dari penanaman bunga di halaman masing masing.

 

Gerakan Bengkulu sehat dimulai dengan program pembangunan Rumah Sakit Umum Harapan dan Do’a (HD) yang sampai saat ini sudah berjalan dengan baik. Semua PUSKESMAS dalam Kota Bengkulu dilengkapi dengan ambulans dengan motto “JEMPUT SAKIT PULANG SEHAT”. Semua penderita sakit dari kalangan tidak mampu mendapatkan perawatan gratis baik di Rumah sakit Kota   maupun di rumah sakit luar kota  dari Pemerintah Kota Bengkulu asal dilaporkan.

 

Rumah Sakit Umum kota Bengkulu yang indah ,alhamdulillah sudah berhasi dibangun pada periode Walikota yang ke 14 Helmi Hasan. Setiap pasien wanita yang sudah sembuh dari penyakit mendapatkan treatment wajah,mani cure, dan paddy cure gratis sebelum pulang.

Tekad Bengkulu Religius sudah dimulai dari periode pertama Helmi Hasan menjadi Walikota.

Setelah melihat kenyataan banyak mesjid, musollah dan langgar yang minim pengunjung beribadah, sedangkan  memakmurkan mesjid adalah keharusan, dan usaha memakmurkan mesjid akan dipertanggung jawabkan kepala daerah diakhirat nanti, Helmi Hasan ingin memotivasi masyarakat untuk rutin beribadah didalam mesjid dengan memberikan janji kepada masyarakat kota bengkulu; siapa yang bisa sholat zuhur 40 waktu di Masjid Umum “AT TAQWA” akan diberi hadiah 1 (satu) mobil pribadi beliau “KIJANG INNOVA”. Janji ini pernah viral dan dianggap banyak pihak kontrversial.

Sebagai contoh Helmi Hasan pernah diminta penjelasan oleh  MUI pusat di forum debat di TV ONE,  pernah didebat imam masjid ISTIQLAL.  Pihak yang kurang paham dengan program ini beranggapan bahwa urusan ibadah urusan pribadi tidak boleh di ajak ajak apalagi dipaksakan, lalu siapa yang memaksa.  Menghadapi semua tantangan diatas HELMI HASAN tetap Move On, janji beliau tetap dilaksanakan, alhamdulillah program Bengkulu religius sudah mulai menampakkan hasil. Hampir semua mesjid di Kota Bengkulu sudah mulai dimakmurkan masyarkat. APBD Kota Bengkulu  secara konsisten memberikan bantuan pembangunan masjid dalam Kota Bengkulu, hasilnya bisa disaksikan  sendiri. Semua mesjid di Kota Bengkulu dibuka 24 jam, disediakan kopi, teh dan air minum gratis. Semua biaya listrik didalam mesjid dalam kota Bengkulu dibayar APBD Kota .

Diawali dengan potongan pantun yang berbunyi : Tinggi Bukit masih didaki, lautan luas masih diseberangi, masjid masih banyak yang dilalui, Pada periode kedua ini gerakan Bengkulu religius terus berlanjut.  Pada  tanggal 31 Desember pukul 20.15 WIB  bertempat di Masjid AGUNG AT’TAQWA  Helmi Hasan mendeklarasikan  “BENGKULU KOTA HADITS”. Tepatnya pada sat menjelang pergantian malam tahun baru.

Gagasan ini dilanjutkan dengan seminar Internasional yang dihadiri, wakil Kerajaan Arab Saudi, Prof.DR .Ir Asep Saefuddin M.Sc. Rektor  Universitas AL AZHAR Indonesia Jakarta, Drs.H.Zainut Tauhid Saadi Msi, Prof Dr PHIL Kamaruddin Amin MA dirjen Pendidikan Islam, M Nasrul A.B.M. Nazaruddin Reprentative of Malaysian Ambassy, Drs Sobirin HS Ketum YPIA dan DR Supriadi Ahmad MA sekretaris Kopertis DKI. Seminar menggagas berdirinya jurusan management mesjid disemua Pendidikan Tinggi Islam baik STAIN mau UIN di Indonesia. Jurusan yang digagas Helmi Hasan selaku Pembicara utama dalam seminar tersebut  disambut hangat oleh hadirin. Karena  gagasan ini dianggap baik oleh rektor UAI dan belum ada pengagas sebelumnya kecuali Helmi Hasan.

Prof.DR Asep  berjanji akan membantu terbentuknya jurusan management masjid di UIN Bengkulu.

Program OTTO HD dan HONEY MOON di RUMAH KEDIAMAN WALIK OTA, salah satu bentuk kepedulian Helmi Hasan terhadap masyarakat yang belum pernah dilakukan oleh para kepala daerah se propinsi Bengkulu dan mungkin seluruh Indonesia. Program ini adalah meminjamkan mobil dinas walikota BD 1 A  dan wakil Walikota BD 2 A untuk dipakai oleh Pengantin baru dihari pernikahannya.

Program OTTO HD ini banyak diminati tidak hanya oleh masyarakat Kota Bengkulu tetapi juga sudah sering dimanfaatkan oleh pasangan pengantin dikabupaten lain di Propinsi Bengkulu.

Menguraikan kembali hal diatas barangkali dianggap sepele kalangan tertentu, tetapi barangkali merupakan secercah kebahagiaan bagi kalangan tertentu yang lainnya.

Program pembangunan Taman Bermain Ramah Anak dan Ramah Lingkungan merupakan kelengkapan pembangunan prasarana Kota.

Sampai dengan tahun ke enam menjadi Walikota, Helmi Hasan sudah membangun Taman Bermain Anak dibeberapa tempat strategis contohnya di Pantai Berkas, Nusa Indah, Tanjung Agung , Simpang Kandis dan yng baru diresmikan dikelurahan Padang Nangka kecamatan Singaran Patih. Taman ini juga dilengkapi dengan sarana olah raga seperti lapangan basket, skate board, dan lapangan volley ball. Dampak positif dibangunnya taman bermain sudah mulai terlihat banyaknya pedagang yang berjualan disekitar taman bermain.

Diantara berbagai  kiprah pembangunan yang sudah dilaksanakan, yang paling significant manfaatnya baik  masyarakat maupun bagi keindahan penataan Kota Bengkulu adalah program pembangunan 1000 jalan mulus yang berkelanjutan. Melalui program ini semua jalan dan gang yang menjadi tanggung jawab kota Bengkulu  sudah dan akan diaspal hotmix. Sampai dengan awal tahun 2020, Cuma complex perumahan yang baru dibangun saja yang belum mendapatkan pemulusan jalan dengan aspal hotmix. Saking ambisiusnya program ini, sampai masuk gang buntupun sudah mendapatkan aspal hotmix. Program 1000 jalan mulus tahun ini mendapatkan anggaran terbesar yang akan digunakan menyelesaikan pembangunan jalan yang belum ditangani pada tahun sebelumnya, pelebaran jalan yang sudah ada dan membangun jalan kekomplex perumahan yang baru dibangun.

Perlu kami jelaskan, kalau ditemukan jalan yang masih belum di bangun mulus di dalam Kota Bengkulu, barangkali jalan tersebut bukan termasuk jalan yang menjadi tanggung jawab Kota Bengkulu.

Program pembangunan 1000 jalan mulus ini disebabkan oleh kesadaran walikota terhadap peran rangkap Kota Bengkulu yang sekaligus sebagai Ibukota Provinsi Bengkulu.

Mudah-mudahan kedepan semua potensi yang ada di Bengkulu bisa menarik investor setelah melihat infra struktur sudah dibangun Walikota untuk masyarakat kota dan yang tujuannya antara lain untuk mempersiapkan kedatangan investor.

Seiring dengan Program pembangunan Rumah Sakit Harapan dan DO’A dan program pembangunan 1000 jalan mulus, Helmi Hasan mengagas pemindahan Komplek pusat pemerintahan Kota Bengkulu di  Kawasan kota Bentiring di Seberang sungai Bangkahulu. Sejak berpindahnya Kantor Walikota ,  Kantor DPRD Kota dan Semua Kantor  OPD ke Bentiring, kawasan tersebut saat ini sudah mulaI bergerak menjadi kawasan kota baru yang ramai dan tertata rapih. Secara kebetulan dikawasan ini pula terletak Universitas Negeri Bengkulu.

Banyak kiprah Helmi Hasan ini yang sudah mulai menarik perhatian  Kabupaten dan Kota lain

Di Indonesia dan mudah-mudahan memberikan dampak positif menimbulkan kesadaran semua Kepala Daerah untuk kemajuan Provinsi Bengkulu .

Kiprah diatas didasari oleh gagasan baik yang timbul dari dalam diri sendiri (Inner motivation) maupun  yang timbul dari dorongan dari luar (outer motivation).

Outer motivation datang menjadi inner motivation karena banyak belajar, banyak melihat dan banyak bertanya.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat merupakan trigger timbulnya inner motivation bagi para kepala daerah di Provinsi Bengkulu untuk semakin giat membangun Provinsi Bengkulu.

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Selsaikan S2, Politisi PAN Dediyanto Bangun Pondasi Untuk Melayani Masyarakat

CakraBengkuluNews.com – Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu periode 219-2024, politisi PAN …